Tips Berbelanja Online Yang Aman

Sekarang ini kemajuan tehnologi begitu pesat, seiring itu segmen pasar pun semakin luas,sekarang mau jual atau beli barang bisa dari rumah tanpa beranjak kaki, contohnya ekiosku.com , itulah kekuatan toko online,tapi sebelum memutuskan untuk membeli di toko online tentunya harus kita pahami terlebih dulu,apa dan bagaimana caranya sehingga kita aman dan nyaman, simak tips belanja aman di bawah ini:
  1. Pahami risiko belanja online.

    Sebelum Anda mulai beli barang yang Anda inginkan, pahami bahwa Anda menghadapi sejumlah risiko belanja online. Anda bisa saja mendapat barang yang tidak sama persis karena faktor warna layar monitor. Misalnya, warna tas yang Anda terima lebih terang daripada di foto. Atau juga, ukuran yang diharapkan tidak sesuai dengan bayangan. Semua bisa terjadi karena saat berbelanja online, pembeli tidak bisa melihat barangnya secara langsung. Pembeli hanya melihat foto dari gambar yang dijual dan tentu saja foto dengan barang yang dijual pastilah ada beberapa perbedaa.

    Dari sudut lain, bisa saja resiko terjadi saat membeli barang secara online. Misalnya saja dari segi pengiriman barang. Mungkin jasa pengiriman tidak bekerja secepat yang dijanjikan sehingga Anda harus menunggu lama. Atau mungkin juga barang yang diantarkan rusak saat pengiriman sehingga bisa terjadi perdebatan antara pembeli dan penjual. Pembeli tidak mau menerima barang yang rusak, sedangkan penjual tidak mau menerima kembali barang yang dikirimkan karena sudah memastikan terlebih dahulu bahwa barang tersebut dalam kondisi baik sebelum dikirimkan. Tentu saja ini tidak diinginkan. Karena itu, saat berbelanja online, pastikan kesepakatan yang baik sebelum memutuskan untuk membeli barang secara online. Dengan kata lain, jika Anda enggan menunggu, belanja online mungkin bukan pilihan untuk Anda.

  2. Cari tahu reputasi penjual (seller) Anda.

    Coba cari tahu apakah ada keluhan mengenai penjual tersebut dan lihat bagaimana sang penjual menangani keluhan tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan searching di Google tentang keluhan pelanggan terhadap penjual yang akan kita ajak kerja sama. Karena, sangat banyak toko online yang memang berkedok penipu. Biasanya mereka menjual barang dengan harga jauh di bawah harga pasaran untuk menarik minat pengunjung. Tetapi, setelah uang ditransfer, barang tidak kunjung datang. Dan akan sangat sulit untuk memperkarakan masalah ini di pengadilan tanpa bukti yang kuat.

    Karena itu, berhati-hati dalam memilih penjual online dan lihatlah kewajaran yang ada di toko online tersebut.

  3. Cari rekomendasi dari teman atau komunitas yang Anda percayai.

    Anda juga bisa memakai twitter atau facebook untuk mencari tahu. Pelanggan yang puas pasti akan senang hati memberi tahu orang lain untuk berbelanja di tempat yang sama. Dan tentu saja, pelanggan yang tidak puas atau bahkan ditipu, akan memberikan peringatannya agar tidak terjadi penipuan terhadap orang selain dirinya.

    Mencari rekomendasi dari teman, tentulah bisa lebih dipercaya. Apalagi jika teman kita tersebut sering melakukan belanja online di sebuah toko online. Mengikuti jejaknya untuk berbelanja di tempa tersebut bukanlah sebuah hal yang buruk, bahkan itu adalah hal aman yang bisa dilakukan untuk meminimalkan penipuan saat belanja online tersebut.

  4. Baca aturan belanja online situs Anda.

    Belanja online berbeda dengan toko biasa di mana Anda tinggal masuk toko dan meminta barang yang Anda inginkan. Saat belanja online, Anda perlu memahami aturan belanja penjual Anda. Mungkin ia hanya mau merespons SMS Anda dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Jadi, jangan cepat gusar jika SMS Anda pada jam 2 pagi tidak dibalas segera. Atau, mungkin ia membutuhkan beberapa hari untuk memproses pengiriman barang Anda.

    Yang pasti, perhatikan baik-baik peraturan dari penjual online tersebut dan jangan ragu untuk menanyakan apabila ada peraturan yang kurang dimengerti. Ajukan juga pertanyaan tentang kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi dan bagaimana cara penjual online tersebut menanggapi hal tersebut. Jangan sampai setelah kita membeli barang online, ada peraturan dari penjual online tersebut yang merugikan kita. Misalnya saja barang yang dibeli tidak bisa ditukar atau dikembalikan. Ini tentu saja akan sangat merugikan kita karena kita tidak tahu bagaimana kondisi nyata barang yang akan kita beli tersebut.

  5. Bertanyalah tentang produk yang Anda inginkan.

    Seringkali kita kecewa setelah menerima barang yang kita beli. Untuk menghindari kekecewaan belanja online, bacalah deskripsi barang yang Anda inginkan. Jika informasi tersebut tidak tersedia, bertanyalah. Tanyakan segala sesuatu tentang barang yang ingin dibeli melalui jalur yang disediakan. Bisa melalui SMS, telepon, BBM, ataupun dengan chating. Jangan lupa untuk menanyakan hal terpenting yaitu garansi barang yang dijual. Garansi ini sangat penting karena untuk menghadapi situasi yang tidak diinginkan, misalkan saja jika barang yang dibeli tersebut rusak. Tentu saja garansi akan sangat membantu kita untuk memperbaiki barang tersebut tanpa mengeluarkan biaya apapun.

    Dan yang tidak kalah penting dari garansi adalah tentang tersedianya layanan servis dari barang yang ingin kita beli. Tentu saja layanan servis dari produsen barang akan mempermudah kita memperbaiki barang yang rusak.

    Jangan takut untuk bertanya kepada penjual. Karena penjual yang baik akan melayani pertanyaan Anda dengan senang hati.

  6. Percayailah insting Anda.

    Amankah berbelanja di tempat itu? Terkadang jawabannya ada di insting Anda sendiri. Jika Anda merasa ada sesuatu yang aneh, lebih baik Anda batalkan saja. Anda juga bisa memperhatikan sering tidaknya content situs itu di-update, kualitas foto yang ditampilkan, atau cepat tidaknya penjual merespons Anda. Jika fotonya asal-asalan atau mencomot dari situs lain, Anda perlu mempertimbangkannya lagi.

    Insting memang tidak bisa diandalkan sepenuhnya, karena bisa jadi insting Anda mengatakan bahwa toko online tersebut bagus, padahal sebenarnya toko online tersebut bermasalah. Tetapi, setidaknya jikapun toko online tempat kita melakukan pembelian tersebut melakukan penipuan, kita tidak akan terlalu kesal karena sudah merasa yakin bahwa toko online yang dipilih sudah tepat.

  7. Ragu-ragu? Mulailah dengan belanja online kecil-kecilan.

    Jika Anda ragu apakah penjual Anda bisa dipercaya, mulailah dengan belanja satu atau dua barang. Jika penjual mangkir, Anda tidak akan terlalu rugi.

Pada akhirnya, keputusan berbelanja online atau tidak kembali pada diri Anda. Selama Anda tetap berhati-hati, tidak mudah tergiur, dan mencari informasi sebelum memutuskan, belanja online bisa menjadi aman dan nyaman. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda akan keranjingan belanja online!

suber : http://www.anneahira.com/belanja-online.htm

Ingin Artikel Terbaru
Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted in Tips Berbelanja Online Yang Aman