Tips Awet Muda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli nutrisi sekaligus model, Katherine Elyse Blake mengungkap rahasia awet muda berhubungan dengan makanan yang Anda konsumsi. Singkirkan makanan manis, olahan dan ubah diet Anda.

"Makanan adalah faktor terpenting agar kulit terlihat muda dan bersinar. Ia percaya, gula adalah salah satu stessor yang menimbulkan masalah pada kulit seperti jerawat. Gula juga dapat meningkatkan munculnya keriput," kata dia seperti dilansir antara, Rabu (26/3)

Ia menjelaskan, kurangnya nutrisi pada lapisan kulit yang lebih tipis, dapat mengurangi regenerasi kulit, meningkatkan kerusakan yang mengarah pada tanda-tanda penuaan dan mengurangi kadar kolagen protein.

Menurutnya, sedikit perubahan dalam diet dan gaya hidup dapat memperlambat munculnya keriput dan garis-garis halus di kulit. Misalnya, minum lebih banyak air, menghindari makanan olahan dan beralih ke gandum karbohidrat.

"Penuaan adalah proses alamiah dan tak terelakkan, namun ada tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan, misalnya perubahan gaya hidup yang dapat membantu kita memperlambatnya," ujar Katherine seperti dilansir Female First.

Kemudian, lanjut ia, kulit adalah organ paling luas dalam tubuh kita dan sangat penting untuk menjaganya tetap sehat, terpelihara dan terhidrasi.

"Dengan mengikuti tips, Anda dapat melakukan langkah tepat untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan memperlambat tanda-tanda penuaan," kata Katherine.

Berikut adalah sejumlah tips ala Katherine untuk menahan munculnya keriput:

1. Hindari menambahkan gula pada makanan dan minuman manis seperti sereal, teh dan kopi.

2. Kurangi jumlah karbohidrat olahan dalam diet Anda dan gantilah dengan beras merah dan kacang-kacangan. Labu siam dan ubi jalar juga merupakan pengganti yang baik.

3. Minum banyak air. Tempatkan botol berisi air di dekat tempat kerja Anda dan bawalah satu botol air dalam tas Anda. Ini akan menjaga kulit Anda terhidrasi dengan baik.

4. Asam lemak omega 3 penting bagi kesehatan kulit. Asam ini menjaga kulit Anda kuat dan penuh kelembaban. Makanan yang kaya akan Omega 3 di antaranya, alpukat, minyak ikan, minyak zaitun dan minyak kelapa mentah.

5.Teh hijau adalah suatu keharusan untuk peremajaan kulit. Zat katekin yang ditemukan di dalamnya membantu mencegah asupan kolagen berhenti dan mengaktifkan sel-sel kulit mati.

6. Berries mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan. Cobalah untuk mengonsumsinya dalam beberapa hari.

7. Kacang Brasil yang dikemas dengan selenium dapat membantu memproduksi antioksidan glutathione yang dapat memperbaiki kerusakan sel kulit. Selenium juga bagus untuk menjaga kulit bebas jerawat.

8. Kale dapat meningkatkan kadar kolagen pada kulit Anda dan menahan munculnya keriput. Cobalah makan kale mentah atau kukus untuk mempertahankan antioksidan nya.

9. Melon sangat bagus untuk elastisitas kulit. 175 gram melon mengandung RDA vitamin A dan C yang dapat merangsang kolagen.

10. Tomat yang dikemas dengan lycopene dan vitamin C sangat bagus untuk memproduksi kolagen dan perlindungan kulit.

11. Yogurt bermanfaat agar kulit bersinar. Kulit yang tampak kusam dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan di saluran pencernaan.

Cobalah lakukan perubahan gaya hidup sederhana - menjaga stres seminimal mungkin dan olahraga ketika Anda dapat berhenti merokok. Jaga kulit Anda. Bahkan ketika cuaca buruk, pakaialah pelembab dengan SPF dan ketika cuaca, pastikan Anda menggunakan shades untuk melindungi kulit halus di sekitar mata Anda.

sumber :http://gayahidup.plasa.msn.com/kesehatan/sehat-dan-bugar/republika/mau-awet-muda-ini-caranya

Ingin Artikel Terbaru
Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted in Tips Awet Muda