Cara memperbaiki Raket Nyamuk

Memperbaiki raket nyamukCara memperbaiki Raket nyamuk, Saat musim hujan mulai datang, nyamuk juga mulai berkembang biak, ada beberapa cara untuk menangani nyamuk ini diantaranya dengan raket nyamuk, sering di keluhkan raket nyamuk yang ada di pasaran sering terjadi kerusakan, dan disini di bahas bagaiaman cara memperbaiki raket nyamuk yang rusak.

Raket nyamuk bekerja berdasarkan sytem step up, atau penaikan tegangan dari 3,7v  atau 4volt tegangan batre menjadi 1500v, tegangan sangat besar ini mampu membuat nyamuk terbakar, sehingga hati hati dalam penggunaannya jangan sampai kena tangan bisa tersengat aliran listriknya.

Raket nyamuk yang rusak atau lemah bisa di perbaiki dan yang sering rusak adalah batrenya yang sudah lemah, jadi bisa di coba untuk mengetes batre yang ada di dalam raket nyamuk apakah sudah lemah tau masih bagus, dengan cara pakai multitester atau juga bisa pakai lampu pijar.

Setelah di cek ternyata batrenya baik baik saja , atau sudah di ganti dengan batre yang bagus  tapi kok masih lemah raket nyamuknya bisa di lanjutkan dengan pengecekan capasitor penampung tetangan tinggi, ukran kapasitor ini biasanya 224 atau 22nf 2000v , ganti kapasitornya.

batree dan kapasitor masih baik, tapi kok belum juga kuat tegangannya maka tahap selanjutnya cek dioda beserta capasitor triplernya , dioda dan capasitor ini di gunakan untuk meningkatkan tegangan sampai 3 kali lipatnya dari out trafo stepup dari raket nyamuk.

batree, capasitor penampung tegngan , dioda dan capasitor triple juga bagus, maka tersangka utamanya adalah trafo stepupnya, untuk memperbaiki trafo stepup dari raket nyamuk butuh kesabaran dan ketelitian, kawat email yang di gunakan sangat kecil, ada 3 gulungan kawat email, masing masing untuk colektor transistor ada 8,5 gulungan untuk basis transistor ada 35 gulungan dan untuk out dari trafo ada 1000 gulungan.

Jika batre bagus dan tidak keluar tegangan sama sekali di raket nyamuknya bisa cek lebih dulu transistornya ,juga bisa dari tombol microswitchnya yang tidak konek.

Ingin Artikel Terbaru
Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted in Cara memperbaiki Raket Nyamuk